ESSAY

Writer / NIM
MUHAMMAD ANDIK SUBRATA / 411411057
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs ABAS KALUKU, M.Si / 0014045708
Advisor 2 / NIDN
H.S. PANIGORO / 0001058501
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 2 Limboto pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Limboto dan sampel adalah kelas VII-1 (eksperimen) dan kelas VII-7 (kontrol). Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Data penelitian ini diperoleh dari instrumen tes hasil belajar serta dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif yang digunakan merupakan deskdripsi seluruh skor siswa yang diperoleh dari tes hasil belajar siswa dalam bentuk tes essay dan analisis inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Dalam penelitian ini pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji statistik uji-t dua sampel berpasangan (paired t-test). Hasil analisis data menunjukan bahwa rata - rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran STAD lebih tinggi daripada rata - rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Kata kunci : Model pembelajaran STAD, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011