ESSAY

Writer / NIM
PUTRI VERONICA A. ABDUL / 411411078
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Advisor 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pekerjaan siswa terhadap soal pada materi kesebangunan bangun datar. Soal yang diberikan sebanyak 5 (lima) nomor soal dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Setelah dianalisis kemudian dilakukan wawancara yang berpedoman pada panduan/pedoman wawancara. Wawancara dilakukan untuk menjaring informasi lebih mendalam tentang kesulitan siswa pada objek langsung matematika, yaitu dengan memilih 6 (enam) orang siswa sebagai subjek penelitian. Adapun presentase hasil tes kesulitan siswa berdasarkan objek langsung matematika (fakta, konsep, prinsip dan operasi), yakni pada indikator fakta 83.31%, pada indikator konsep 14.13%, pada indikator prinsip 75.19%, serta pada indikator operasi 70.54%. Dapat dilihat bahwa pada indikator konsep, hampir sebagian besar siswa melakukan kesalahan. Sedangkan berdasarkan hasil wawancara, diperoleh kesimpulan bahwa siswa mengetahui dengan benar konsep dari kesebangunan bangun datar. Hanya saja siswa tidak menuliskan konsep tersebut sesuai dengan yang diminta pada soal. Kata kunci: Kesulitan Belajar, Kesulitan Siswa, Kesulitan Materi Kesebangunan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011