ESSAY

Writer / NIM
MARIANTY / 411411079
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Advisor 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstract
ABSTRAK Marianty, Nim 411411079. "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Relasi Dan Fungsi (Suatu Penelitian di MTS Negeri Batudaa)". SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2017. Pembimbing: (1) Drs. Perry Zakaria, M.Pd (2) Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan Relasi dan Fungsi. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri Batudaa pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Sampel penelitian diperoleh sebanyak dua kelas dengan teknik pengambilan sampel yaitu Probability Sampling. Probability Sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling yang terdiri dari kelas Eksperimen menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving sebanyak 29 siswa dan kelas Kontrol menggunakan model pembelajaran langsung (Direct instruction) sebanyak 34 siswa. Pengambilan data menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika berbentuk uraian. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan statistika parametrik Uji t independen diperoleh hasil thitung sebesar 3,81 dan ttabel pada taraf nyata = 0,05 sebesar 1,6698 maka thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi relasi dan fungsi. Kata Kunci : Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), Relasi dan Fungsi, Kemampuan Pemecahan Masalah matematika.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011