ESSAY

Writer / NIM
SETIANI / 411411083
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Advisor 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung khususnya pada materi bangun datar segitiga pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara tehnik cluster simple random sampling. Data yang terkait dianalisis dengan Uji t Idependen. Dari hasil analisis data diperoleh hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya, Hasil belajar, Matematika.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011