ESSAY

Writer / NIM
HENI NUR FATIMAH / 411411089
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Advisor 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstract
ABSTRAK Heni Nur Fatimah, 2015. Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Perbandingan dan Skala di Kelas VII MTs Negeri Model Limboto. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi perbandingan dan skala di kelas VII MTs Negeri Model Limboto. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Model Limboto tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 214 orang siswa yang tersebar di 8 kelas. Teknik pengambilan subjek pemberian tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportionate random sampling. Subjek penelitian berjumlah 32 orang siswa. Subjek penelitian untuk wawancara yaitu berdasarkan hasil tes dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan pemberian tes dan wawancara. Data yang didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada indikator memahami masalah dan menyelesaikan dikategorikan tinggi karena dari hasil tes siswa dapat menuliskan informasi yang terdapat pada soal dan melakukan perhitungan sesuai rumus yang digunakan. Sedangkan untuk indikator merencanakan penyelesaian masalah dikategorikan sedang dan indikator membuat kesimpulan atas penyelesaian yang telah dilakukan dikategorikan masih rendah karena siswa tidak mampu untuk membuat kesimpulan atas penyelesaian yang dilakukan. Rata-rata persentase capaian kemampuan siswa pada materi perbandingan dan skala menurut indikator kemampuan pemecahan masalah matematika yaitu pada indikator memahami masalah sebesar 63,36%, indikator merencanakan penyelesaian masalah sebesar 68,69%, indikator menyelesaikan masalah sebesar 61,575% dan indikator membuat kesimpulan atas penyelesaian yang dilakukan sebesar 52,74%. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Materi Perbandingan dan Skala.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011