ESSAY

Writer / NIM
ULFA S. ATIMA / 411411093
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Advisor 2 / NIDN
Drs YUS IRYANTO ABAS, M.Pd / 0015066204
Abstract
ABSTRAK Ulfa S. Atima. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching (RT) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj Evi Hulukati M.Pd dan Pembimbing II Drs. Yus Iryanto Abas M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini yaitu "Apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika?". Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika. Subyek penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara yang berjumlah 56 orang yang tersebar pada dua kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 siswa yang dipilih dengan menggunakan tekhnik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi dan tes. Hasil penelitian disimpulkan bahwa ada perbedaan secara signifikan antara pemahaman konsep siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data melalui uji t tes diperoleh nilai thitung lebih tinggi dari nilai ttabel (thitung < ttabel = 2,08 > 1,68). Model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching dan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika, keduanya memberikan dampak positif yang berbeda signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Anggrek. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Reciprocal Teaching (RT) Pemahaman Konsep, Matematika
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011