ESSAY

Writer / NIM
ALAN RUMAMPUK / 411411099
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs ABAS KALUKU, M.Si / 0014045708
Advisor 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk menerapan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. khususnya Materi Segitiga di SMP Negeri 1 Limboto Barat. Hasil nilai siswa kelas VII-3 paling rendah 46.5. sedangkan di kelas VII-4 nilai paling randah 58.3 ini berarti masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) seperti yang ditetapkan oleh sekolah yang bersangkutan yaitu 75. Oleh sebab itu penelitian ini perlu dilaksanakan. Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 dan VII-4 SMP Negeri 1 Limboto Barat Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 23 siswa kelas VII-2 dan 23 siswa kelas VII-4. Dimana dikelas VII-2 adalah Kelas yang Diajarkan dengan Model Pembelajaran Konvensional sedangkan kelas VII-4 Kelas yang Diajarkan dengan Model Pembelajaran NHT. Untuk mendapatkan informasi tentang Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa diberikan tes diakhir pembelajaran baik pada kelas eksperiman maupun kelas kontrol. Hasil penelitian menujukkan Skor hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT diperoleh dari jawaban 23 siswa. Pada kelas eksperimen skor hasil belajar tertinggi adalah 100 dan terendah 33. Sedangkan Skor hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Langsung diperoleh dari jawaban 23 siswa. Pada kelas kontrol skor hasil belajar tertinggi adalah 84 dan terendah 29. Dari hasil penelitian yang diperoleh adalah model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa, Model Pembelajaran Numbered Heads Together, Materi Segitiga
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011