ESSAY

Writer / NIM
KAHARUDDIN / 411411102
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Advisor 2 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Abstract
Kaharuddin, NIM. 411411102. "Pengaruh Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tapa Pada Materi Suku Banyak". SKRIPSI. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, 2017. Pembimbing I Prof. Dr. Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang Dibelajarkan dengan mengunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing dan siswa yang Dibelajarkan menggunakan metode ceramah pada materi suku banyak. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tapa pada semester kedua pada tahun pelajaran 2016/2017 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tapa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Dari sampel yang terpilih, satu kelas dipilih sebagai kelas eksperimen yang Dibelajarkan dengan menggunakan metode penemuan terbimbing dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang Dibelajarkan menggunakan metode ceramah. Hipotesis penelitian adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan penemuan terbimbing dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan metode ceramah pada materi suku banyak. Pengukuran hasil belajar matematika dilakukan dengan menggunakan instrument tes hasil belajar berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Sebelum melakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas data dan homogenitas varians. Hasil pengujian menunjukan bahwa data berdistribusi normal dan sampel berasal dari populasi yang homogen. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = (n1 + n2 - 2). Dari hasil penelitian menunjukan bahwa thitung > ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang Dibelajarkan dengan menggunakan metode penemuan terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang Dibelajarkan dengan menggunakan metode ceramah pada materi suku banyak.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011