ESSAY

Writer / NIM
SUNARTI TONENG / 411411110
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Advisor 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstract
Penelitian ini tentang "kajian kesulitan belajar dari segi epistemology siswa pada bangun datar segi empat di SMP". Fokus masalah dalam penelitian ini adalah kesulitan belajar yang dialami siswa pada materi bangun datar segi empat di SMP. Berdasarkan indikator dalam mengkaji kesulitan belajar di identifikasi 5 jenis kesulitan belajar yang dialami siswa terkait materi bangun segi empat. Rata-rata presentasi siswa yang mengalami kesulitan belajar pada K-1 yaitu 70,03%, K- 2 yaitu 94,43%, K-3 yaitu 88,3%, K- 4 yaitu 88,3% dan K-5 yaitu 57,76%. Adapun penyebab siswa yang mengalami hambatan belajar khususnya hambatan epistemologi diantaranya 1) siswa kurang memahami konsep bangun datar segi empat, 2) siswa masih kurang mampu mengidentifikasi bangun, 3) siswa kurang mampu dalam menghubungkan antar konsep, 4) siswa kurang memahami perintah soal, 5) siswa menganggap tidak perlu menyelesaikan soal berdasarkan langkah-langkah penyelesaian dalam matematika. Kata Kunci: Kesulitan belajar, Epistemlogis, Bangun Segi Empat.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011