ESSAY

Writer / NIM
MARZENO / 411411117
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Advisor 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstract
ABSTRAK Marzeno. 411411117. Pengaruh Penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. (Suatu Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo). Skripsi, Jurusan Matematika Program Study Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, 2015. Pembimbing: (1) Dra. Lailany Yahya, M.si, (2) Khardiyawan A.Y Pauweni, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer dengan yang dibelajarkan menggunakan media PowerPoint. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 8 Kota Gorontalo pada semester Genap tahun ajaran 2014/2015 yang tersebar dalam sepuluh kelas. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara memilih langsung kelas yang akan dijadikan sampel. Pada penelitian ini dipilih dua kelas yang terdiri dari kelas ekperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 31 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes, berupa tes esay sebanyak 5 butir soal. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrument. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membuat daftar hasil tes kedua kelompok kelas tersebut. Selanjutnya data diuji normalitasnya dengan menggunakan analisis statsitik menggunakan uji Liliefors dengan taraf signifikan yaitu 0,05. Hasil pengujian diperoleh untuk kelas eksperimen L0 = 0,075 < Ltabel=0,16 dan untuk kelas kontrol L0=0,085 < Ltabel=0,16, artinya data skor hasil belajar matematika siswa berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dua sampel bebas (independent t-test) yang menunjukan bahwa thitung=2,51 > ttabel=1,67, artinya hipotesis terbukti yakni hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan media PowerPoint. Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis komputer, Media PowerPoint, Hasil Belajar Matematika Siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011