ESSAY

Writer / NIM
NURLIN ISMAIL / 411411119
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs ABAS KALUKU, M.Si / 0014045708
Advisor 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstract
ABSTRAK Nurlin Ismail. Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Persamaan Linier (Suatu Penelitian di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Gorontalo ).JurusanPendidikanMatematikaFakultasMatematikadan IPA UniversitasNegeriGorontalo. 2016. Skripsi di bawah bimbingan. Pembimbing 1Bapak DrsAbas Kaluku M.Sidanpembimbing II Ibu Novianita Achmad S.Si, M.Si. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmenggambarkanbagaimana profil berpikir kreatif pesertadidik kelas X1 di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Gorontalo.Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodedeskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X1 IPA tahun ajaran 2015-2016. Dengan jumlah populasi 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara, dan angket. Tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal yang telah diberikan. Wawancara dilakukan untuk mengukur sejauh mana kemampuan berpikir kreatif siswa dengan memberikan pertanyaan terkait soal yang telah diberikan. Sedangkan angket untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa dalam bentuk pernyataan dengan indikator yang berbeda. Berdasarkan hasil analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika diklasifikasikan dengan predikat baik, cukup, dan kurang. Predikat baik siswa dapat menyelesaikan setiap soal dengan baik tetapi belum memenuhi keseluruhan indikator berpikir kreatif. Predikat cukup dimana siswa belum bisa menyelesaikan soal secara keseluruhan dengan baik dan benar dan belum bisa mengerjakan soal sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kreatif. Siswa dengan predikat kurang dimana secara umum belum memahami soal dengan baik, sehingganya belum bisa mengerjakan soal secara keseluruhan dengan baik dan benar, selain itu juga siswa belum mampu menyelesaikan soal sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kreatif. Adapun dari hasil angket diperoleh persentasesebesar 52%. Hal ini secara umum menunjukkan profil kemampuan berpikir kreatif siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo Kelas XI Jurusan IPAkurang kreatif. Kata Kunci :Berpikir Kreatif
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011