ESSAY

Writer / NIM
KASMAWATI ABDULLAH / 411411127
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Advisor 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstract
Kasmawati Abdullah, NIM. 411411127. " Identifikasi Tingkat Berpikir Siswa Ditinjau Dari Teori Van Hiele Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Bangun Segiempat" ( Suatu penelitian pada siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan IPA Universitas Negeri Gorontalo 2015. Pembimbing (1) Drs. Sumarno Ismail, M. Pd. (2) Dra. Lailany Yahya, M. Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat berpikir geometri siswa berdasarkan teori Van Hiele pada materi bangun segiempat (khususnya sifat-sifat bangun segiempat). Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) metode tes dan (2) metode wawancara yang dilakukan pada subjek yang terpilih. Metode tes digunakan untuk mengkategorikan siswa pada tiga kriteria kemampuan yaitu kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Tingkat berpikir subjek kemampuan tinggi yaitu: berada pada tingkat berpikir pra deduksi formal ( tingkat 3 yang belum sempurna) dan tingkat berpikir pra abstraksi/ pra deduksi informal ( tingkat 2 yang belum sempurna). (2) Tingkat berpikir subjek kemampuan sedang yaitu: berada pada tingkat berpikir pra abstraksi/ pra deduksi informal ( tingkat 2 yang belum sempurnah) dan tingkat berpikir pra analisis ( tingkat 1 yang belum sempurna). (3) Tingkat berpikir subjek kemampuan rendah yaitu: berada pada tingkat berpikir pra analisis ( tingkat 1 yang belum sempurna) dan tingkat berpikir pra visulisasi (tingkat 0 yang belum sempurna). Kata kunci: Tingkat Bepikir, Geometri, Teori
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011