Writer / NIM
KRISNA S. LATIP / 411411128
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Advisor 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam merumuskan indikator sikap sosial pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran matematika di SMK Negeri 1 Gorontalo. Untuk melihat kemampuan guru, digunakan 3 indikator sebagai indikator penelitiannya, yaitu : (1) menguasai silabus pembelajaran, (2) menguasai materi pembelajaran, (3) menguasai karakteristik peserta didik. Selain itu kemampuan guru juga secara konkrit dilihat dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah selesai disusun. Hasil penelitian menunjukan bahwa, rata-rata penguasaan silabus pembelajaran oleh guru adalah 95.71% dikategorikan sudah sangat baik. Untuk rata-rata penguasaan materi pembelajaran adalah 67.35% dikategorikan baik. Untuk rata-rata penguasaan karakteristik peserta didik adalah 38,09% dikategorikan cukup. Secara keseluruhan, rata-rata kemampuan guru dalam merumuskan indikator sikap sosial adalah 67.05.
Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan guru SMK Negeri 1 Gorontalo dalam merumuskan indikator sikap sosial pada pembelajaran matematika dikategorikan sudah sangat baik.
Kata kunci : Kemampuan Guru, Indikator Sikap Sosial, Matematika.
Download files