ESSAY

Writer / NIM
ANDRIANA / 411411130
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Advisor 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstract
Andriana, 2015. Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Program Linear (Suatu Penelitian Di SMA Negeri 1 Telaga). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Drs. Perry Zakaria M.Pd, (2) Nursia Bito, S.Pd, M.Pd Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis atau menggambarkan kemampuan penalaran pada materi Program Linear siswa kelas XI SMA. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan penalaran siswa antara lain (1) Kemampuan melakukan manipulasi matematika, (2) Kemampuan menyajikan pernyataan matematika secara tertulis dan gambar, (3) Kemampuan menarik kesimpulan dari pernyataan, dan (4) Memperkirakan jawaban dan proses solusi. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes tertulis, dan wawancara untuk memperdalam infomasi mengenai kemampuan penalaran siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA-3 SMA Negeri 1 Telaga yang telah mempelajari materi program linear pada semester ganjil pada tahun ajaran 2014. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa kemampuan penalaran matematika siswa kelas XI IPA-3 SMA Negeri 1 telaga pada materi program linear tergolong sedang. Kata kunci : Kemampuan Penalaran, Kemampuan Menyelesaikan soal, Program Linear
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011