ESSAY

Writer / NIM
MELPIN PUAJI / 411411139
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Advisor 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstract
ABSTRAK MELPIN PUAJI, 2015. Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada materi Operasi Bilangan Bulat (Suatu Penelitian di SMP Negeri 7 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd, (2) Drs. Majid, M.Pd Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan kemampuan penalaran matematis siswa Kelas VII SMP N 7 Gorontalo pada materi operasi bilangan bulat. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini antara lain; (1) Kemampuan menarik kesimpulan dari pernyataan matematika, (2) Kemampuan menyajikan pernyataan matematika dalam garis bilangan, (3) Kemampuan melakukan manipulasi matematika, dan (4) Kemampuan memeriksa kesahihan suatu argument. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes tertulis, dan wawancara untuk memperdalam infomasi mengenai kemampuan penalaran siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-F SMP N 7 Gorontalo. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII-F SMP N 7 Gorontalo pada materi operasi bilagan bulat tergolong pada kategori Cukup. Kata kunci : Kemampuan Penalaran, Pembelajaran Matematika, Operasi Bilangan Bulat ABSTRACT MELPIN PUAJI, 2015. Description of Mathematical Reasoning Ability Students in Learning Mathematics in material Integer Operations (A study in class VII SMP 7 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Prodi Mathematics Department of Mathematics Education. Faculty of Mathematics and Natural Sciences. Gorontalo State University. Supervisor: (1) Dr. Tedy Machmud, Pd, (2) Drs. Majid, M.Pd This research is a descriptive qualitative approach aimed to describe the mathematical reasoning abilities of students of Class VII SMP N 7 Gorontalo on material integer operations. The indicators used in this study, among others; (1) The ability to draw conclusions from the mathematical statement, (2) The ability to present a mathematical statement of the number line, (3) Ability to perform mathematical manipulations, and (4) The ability to check the validity of an argument. Data collection techniques consist of a written test and interview to deepen information about the reasoning abilities of students. The subjects were students of class VII-F SMP N 7 Gorontalo. Data analysis technique used in this research is descriptive qualitative data analysis techniques. Based on the data analysis showed that the mathematical reasoning skills students of class VII-F SMP N 7 Gorontalo on material bilagan round operation belonging to the category of Self. Keywords: Reasoning Ability, Learning Mathematics, Operations Integer
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011