ESSAY

Writer / NIM
CLARA RAHMAN / 411412003
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Advisor 2 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Abstract
Clara Rahman. NIM 411412003. Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Pada Materi Persamaan Kuadrat. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2019. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sarson W. Dj.Pomalato, M.Pd, (2) Dr. Ali Kaku, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan penalaran peserta didik pada materi persamaan kuadrat di kelas VIII SMP N 3 Dumoga. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIA SMP N 3 Dumoga sebanyak 30 peserta didik. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yang melibatkan kemampuan penalaran matematika peserta didik pada materi persamaan kuadrat. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP N 3 Dumoga. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dimana populasi melebihi 100 orang sehingga diambil sampel 20%-25% atau sejumlah 30 orang. Pengukuran kemampuan penalaran siswa pada materi persamaan kuadrat menggunakan instrument tes berbentuk soal uraian. Teknik pengumpulan data berupa tes tertulis berbentuk uraian dan teknik komunikasi langsung berupa wawancara. Kemampuan penalaran siswa di ukur berdasarkan 4 indikator (1) mengajukan dugaan/ide, dengan tingkat persentase 78.16%. (2) menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi, dengan tingkat persentase 81.83%. (3) melakukan manipulasi, dengan tingkat persentase 66.66% dan (4) menarik kesimpulan, dengan tingkat persentase 62.33%. Hal ini menunjukkan bahwa indikator kemampuan penalaran matematika siswa yang terpenuhi adalah indikator kemampuan menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis. Persamaan Kuadrat
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011