ESSAY

Writer / NIM
LUKMAN SAID / 411412014
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Advisor 2 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Abstract
ABSTRAK Lukman Said, NIM. 411412014. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa". SKRIPSI. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tibawa pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-MIPA SMA Negeri 1 Tibawa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Pengukuran hasil belajar dilakukan dengan menggunakan instrumen hasil belajar berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik dari pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung, ini dapat dilihat pada perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen ((X_1 ) ...) = 85,50 dan kelas kontrol ((X_2 ) ...) = 76,04. Dari uji statistik yaitu uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol artinya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap hasil belajar. Kata Kunci : Kooperatif, Hasil Belajar, Model Pembelajaran TAI
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011