ESSAY

Writer / NIM
SUSANTY PARAMATA / 411412017
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Advisor 2 / NIDN
H.S. PANIGORO / 0001058501
Abstract
ABSTRAK Susanty Paramata, NIM. 411412017. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Statistika. SKRIPSI. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2016 .Pembimbing I Prof. Dr.Syamsu Qamar Badu, M.Pd. Pembimbing II Hasan S. Panigoro M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung, pada sub pokok materi statistika. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 1 Telaga pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016, dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga yang terdiri dari 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Tehnik Simple Random Sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas VII8 yang diajarkan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah, dan kelas VII2 yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Pengukuran kemampuan pemecahan masalah matematika dilakukan dengan menggunakan instrument tes hasil belajar matematika berbentuk tes uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan menggunakan uji t dua sampel bebas (independen t-test ). Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa hasil belajar matematika yang diajarkan dengan menggunkan model Pembelajaran Berbasis Masalah lebih baik dari hasil belajar matematika yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung, ini dapat dilihat pada perbedaan hasil belajar matematika siswa pada kelas ekperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata hasil belajar matematika pada kelas eksperimen x1 = 33,3 dan kelas kontrol x2 = 24,75 dan H1 diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan hasil belajar matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan bahwa terdapat pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), dan Statistika.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011