ESSAY

Writer / NIM
CINDRA DEWI ISMAIL / 411412045
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Advisor 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstract
ABSTRAK Cindra Dewi Ismail, NIM. 411412045. "Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah Kabila". (Suatu Penellitian Eksperimen Kelas VIII Pada Sub Materi Kubus dan Balok). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. 2016. Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan Open-Ended dan siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan konvensional, pada materi kubus dan balok. Penelitian eksperimen ini dilakukan di MTs Muhammadiyah Kabila Kelas VIII pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Kabila. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Instrument pada penelitian ini menggunakan tes berpikir kreatif matematika yang di buat sendiri oleh peneliti dalam bentuk tes essay. Instrument ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrument. Berdasarkan hasil penelitian, pendekatan Open-Ended lebih baik dari pada pendekatan konvensional pada materi kubus dan balok. Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Open-Ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa, Pendekatan Open-Ended. Pendekatan Konvensional.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011