ESSAY

Writer / NIM
NINDI IMALE / 411412053
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Advisor 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstract
ABSTRAK Nindi Imale. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Educations (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Penelitian Eksperimen Pada Siswa kelas VII SMP N 5 Kota Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (I) Dra. Kartin Usman, M.Pd (II) Drs. Majid, M.Pd. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika yang di ajarkan dengan menggunakan model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan pembelajaran langsung. khususnya pada materi Himpunan pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 155 siswa dan sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara tehnik purposive sampling. Diperoleh kelas VII-A sebagai kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran realistic mathematics educations dan VII-B kelas yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional tanpa RME. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essay terdiri dari 5 butir soal. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan menggunakan uji t dua sampel bebas (indepensen t-test). Dari hasil analisis data diperoleh kemampuan pemecahan masalah matematika yang diajarkan dengan menggunakan RME lebih tinggi dari pada pembelajaran konvensional tanpa RME. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan RME lebih unggul dalam mengajarkan materi Himpunan. Kata kunci: Relistic Mathematics Educations, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Himpunan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011