ESSAY

Writer / NIM
SITTI MARDIYAH ODODAI / 411412058
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Advisor 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstract
Sitti Mardiyah Ododai. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Example non Example Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa Pada Materi Garis dan Sudut (Penelitian Eksperimen Pada Siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (I) Dra. Kartin Usman, M.Pd (II) Drs. Majid, M.Pd. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaaan penguasaan konsep matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Example non Example dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung khususnya pada materi Garis dan Sudut pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 11 kelas yang berjumlah 357 siswa dan sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara tehnik purposive sampling. Diperoleh kelas VII-3 sebagai kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Example non Example dan VII-4 kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essay terdiri dari 7 butir soal. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan menggunakan uji t dua sampel bebas (indepensen t-test). Dari hasil analisis data diperoleh kemampuan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Example non Example lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran langsung. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan model Example non Example lebih tinggi daripada model pembelajaran langsung dalam mengajarkan materi Garis dan Sudut. Kata kunci: Example non Example, Penguasaan Konsep, Garis dan Sudut
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011