ESSAY

Writer / NIM
RATNA ARIFIN / 411412060
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Advisor 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstract
ABSTRAK Ratna Arifin. Nim 411412060"Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Pada Materi Pecahan melalui Model Pembelajaran Picture And Picture DiKelas VII Smp Negeri 1 Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara"SKRIPSI. Dibawah bimbingan Prof. Dr. Sarson W.Dj Pomalato, M.Pd dan Dra.Kartin Usman M.Pd Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik di kelas VII-C SMP Negeri 1 Tolinggula pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII-C SMP Negeri 1 Tolinggula yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan atau evaluasi, serta analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan atau observasi dan pemberian tes pada setiap akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pengamatan aktivitas guru dan siswa sudah memenuhi indikator kinerja, tetapi intuk hasil belajar hanya 3 dari 20 siswa (31.00%) yang dikenai tindakan memperoleh nilai diatas 75. Persentase keberhasilan siswa pada siklus I ini belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, untuk itu perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Belum tercapainya indikator kinerja, disebabkan persentase kemampuan komunikasi matematika siswa tidak mencapai kriteria yang ditentukan yaitu minimal 75% dari keseluruhan siswa yang dikenai tindakan. Berdasarkan hasil yang belum mencapai indikator kinerja pada siklus I maka dilaksanakan perbaikan pada siklus II. Hasil tindakan pada siklus II menunjukkan pengamatan aktivitas guru dan siswa memperoleh penilaian minimal baik dan hasil belajar siswa mencapai indikator kinerja yaitu 18 dari 20 siswa (81,75%) yang dikenai tindakan memperoleh nilai diatas 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa "Jika Model picture and picture diterapka pada pembelajaran Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan, maka kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VII-C SMP Negeri 1 Tolinggula akan meningkat" Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Model picture and picture
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011