ESSAY

Writer / NIM
RAMLAH KHUSNUL KHATIMAH UMAR / 411412067
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Advisor 2 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Abstract
Ramlah Khusnul Khotimah umar, 411 412 067. Pengaruh Metode Pembelajaran Kumon terhadap Hasil Belajar pada Materi Luas Permukaan dan Volume Limas di SMP Negeri 3 Telaga. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh : (I) Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd (II) Prof. Nurhayati Abbas, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang perbedaan hasil belajar matematika dari siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran kumon dan pembelajaran konvensional pada materi Luas Permukaan dan Volume Limas. Metode Penelitian adalah eksperimen yang dilakukan pada dua kelas yaitu kelas yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran kumon dan kelas yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII SMP Negeri 3 Telaga semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Telaga. Pengambilan sampel dilakukan seacra simple random sampling. Instrumen pada penelitian ini untuk mengukur hasil belajar matematika yang dibuat sendiri oleh peneliti dalam bentuk tes essay. Berdasarkan hasil penelitian, Metode pebelajaran kumon lebih tinggi dari pada konvensional pada materi luas permukaan dan volume limas. Dengan demikian, adanya perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan bahwa metode pembelajaran kumon lebih unggul dari pada pembelajaran konvensional sehingga terdapat pengaruh Metode kumon terhadap hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: Hasil belajar , Metode Kumon, Luas Permukaan dan Volume Limas
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011