ESSAY

Writer / NIM
NURFAZLINA AIRMAS / 411412079
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Advisor 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstract
Nurfazlina Airmas. Nim 411412079. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada materi kubus dan balok (suatu penelitian di kelas VIII-2 SMP Negeri 8 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo. 2017. Pembimbing : (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd (2) Dra. Lailany Yahya, M.Si Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division pada materi kubus dan balok di SMP Negeri 8 Gorontalo. Tes awal untuk hasil belajar matematika siswa kelas VIII-2 rata-rata untuk tiap indikator tergolong rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada kegiatan siklus I, hasil kegiatan observasi guru mencapai 62.51%, observasi aktivitas siswa mencapai 44.12% sedangkan hasil belajar matematika siswa mencapai 8.7%. Pada siklus II hasil observasi kegiatan guru mencapai 95.84%, semua aspek mencapai kriteria minimal baik, dan observasi aktivitas siswa mencapai 90.62% sedangkan hasil belajar matematika siswa mencapai 86.95%. Berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Materi Kubus dan Balok
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011