ESSAY

Writer / NIM
EKA WATI / 411412087
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Advisor 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstract
Abstrak Ekawati, NIM. 411412087. "Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based learning (RBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa'. SKRIPSI. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model resource based learning dibandungkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Gorontalo tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling. Kelas VIII4 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah dan diuji diuji menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran resource based learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini terlihat dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran resource based learning sebesar 28,625 dan rata-rata pada kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung sebersar 15,227. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran resource based learning lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Resource Based Learning.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011