ESSAY

Writer / NIM
MARINI ISMAIL / 411412091
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Advisor 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstract
ABSTRAK Marini Ismail.2016. Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMPN 10 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurursan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimibing : (I) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd (II) Novianita Achmad, M.Si. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaaan kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Learning Cycle 5E dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2015/2016, yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 127 orang siswa dan sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara tehnik simple random sampling. Diperoleh kelas VIII-1 sebagai kelas yang dibelajarkan dengan model Learning Cycle 5E dan VIII-2 kelas yang dibelajarkan dengan model pengajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essay terdiri dari 5 butir soal. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan menggunakan uji t dua sampel bebas (indepensen t-test). Dari hasil analisis data diperoleh kemampuan berpikir matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model learning cycle 5E lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan menggunakan pengajaran langsung. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan model Learning Cycle 5E lebih unggul dalam mengajarkan materi Kubus dan Balok. Kata kunci: Model Learning Cycle 5E, Kemampuan Berpikir Kritis
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011