ESSAY

Writer / NIM
DYAH DWI ANGGRAENI / 411412095
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Advisor 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstract
ABSTRAK Dwi anggraeni, Dyah. 2018. Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Penelitian dikelas VIII SMP negeri 1 una-una Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika? Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis korelasional. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 23 orang. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan menggunakan angket, sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematika didapatkan melalui tes pada materi operasi bentuk aljabar. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 90,63%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011