ESSAY

Writer / NIM
NURJAYANTY H. MARALI / 411412109
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Advisor 2 / NIDN
H.S. PANIGORO / 0001058501
Abstract
Nurjayanty H Marali. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Integral Pokok Bahasan Luas dengan Pendekatan Saintifik untuk Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd, (2) Hasan S. Panigoro, M.Si Kemampuan penalaran merupakan tahapan berpikir matematika tingkat tinggi, mencakup kemampuan berpikir logis dan sistematis. Dalam mempelajari matematika kemampuan penalaran merupakan suatu hal yang sangat penting dimiliki oleh setiap siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan salah satu fasilitas yang digunakan dalam pembelajaran yaitu bahan ajar integral pokok bahasan luas dengan pendekatan saintifik untuk kemampuan penalaran matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan produk berupa bahan ajar integral pokok bahasan luas. metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan formative research yang difokuskan pada 2 tahap yaitu tahap preliminary dan tahap formative Study yang meliputi self evaluation, prototyping (expert reviews, one-to-one, dan small group), serta field test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII B1 MAN Model Gorontalo. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa validator ahli menyatakan bahan ajar integral pokok bahasan luas dengan pendekatan saintifik untuk kemampuan penalaran matematika siswa adalah valid, peserta didik memberikan respon positif dengan rata-rata 81%, dan tes kemampuan penalaran memberikan informasi bahwa 92% peserta didik yang mencapai syarat ketuntasan. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar integral pokok bahasan luas dengan pendekatan saintifik untuk kemampuan penalaran matematika siswa, memiliki peran dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa. Kata kunci : pengembangan bahan ajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011