ESSAY

Writer / NIM
NURMALA BIAHIMO / 411412113
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Advisor 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstract
ABSTRAK Nurmala Biahimo. 2016. Pengembangan Media Komik Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Aturan Pencacahan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : 1) Drs. Perry Zakaria, M.Pd, 2) Khardiyawan A.Y. Pauweni, M.Pd Materi aturan pencacahan merupakan salah satu materi matematika yang biasanya membahas soal-soal berkaitan dengan permasalahan sehari-hari atau biasa disebut dengan soal cerita. Namun, kenyataannya sebagian siswa masih menganggap soal cerita merupakan soal yang sulit untuk dikerjakan, karena siswa harus memahami inti permasalahan yang ada didalam soal cerita. Oleh sebab itu dibutuhkan media pembelajaran yang menarik serta efektif untuk memudahkan siswa dalam memahami materi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah produk yang digunakan dalam pembelajaran yaitu media komik dengan pendekatan saintifik materi aturan pencacahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan produk berupa media komik materi aturan pencacahan. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan oleh Borg and Gall yang meliputi research and information collecting, planning, develop preliminary form a product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision, operational field testing, final product revision, dissemination and implementation. Tahap penelitian ini dilaksanakan sampai pada tahap final product revision. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kabila. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa validator ahli menyatakan media komik dengan pendekatan saintifik materi aturan pencacahan adalah valid, tes kemampuan menyelesaikan soal cerita memberikan informasi bahwa 85,71% peserta didik mencapai syarat ketuntasan, dan peserta didik memberikan respon positif dengan persentase rata-rata 80,80%, serta hasil wawancara yang memberikan informasi bahwa rata-rata guru matematika yang diwawancari merespon positif penggunaan media komik dalam pembelajaran. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah media komik dengan pendekatan saintifik materi aturan pencacahan yang dikembangkan telah dinilai valid dan memiliki peran dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa, serta penggunaan komik dalam pembelajaran mendapatkan respon yang baik dari guru maupun siswa. Kata kunci : pengembangan media komik, aturan pencacahan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011