ESSAY

Writer / NIM
RAHMIATI R. HARMAIN / 411412114
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Advisor 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstract
Rahmiati R. Harmain, NIM. 411412114. "Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa". SKRIPSI. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh pendekatan saintifik dan pendekatan kontekstual terhadap kemamuan penalaran matematika siswa pada materi Teorema Pythagoras. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 1 Tilango pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 dengan rancangan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tilango. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Cluster Random Sampling. Pengukuran kemampuan penalaran matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan penalaran berbentuk tes uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, tidak terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematika siswa yang diajar menggunakan pendekatan saintifik dengan yang diajar dengan pendekatan kontekstual. Ini dapat dilihat pada perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata kemampuan penalaran matematis pada kelas eksperimen () = 36,5 dan kelas kontrol () = 37,2. Hal ini juga dapat dibuktikan melalui test dengan taraf nyata 0,05 dan dk = 40 menunjukkan thitung < ttabel. Diperoleh thitung = untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 1,68, thitung berada di daerah penerimaan H0, sehingga H0 diterima dan H1 ditolak. Dengan demikian, tidak ada perbedaan kemampuan penalaran siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik dengan yang diajar dengan pendekatan kontekstual Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Penalaran, Teorema Pythagoras
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011