ESSAY

Writer / NIM
BUDI ARISMAN / 411412118
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. Drs. H. ISMAIL DJAKARIA, M.Si / 0024026403
Advisor 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstract
ABSTRAK Budi Arisman, NIM. 411412118. "Pengaruh Model Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di kelas XI SMK Negeri 1 Gorontalo". SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2016. Dibimbing Oleh: (I) Dr. Ismail Djakaria, M.Si (II) Khardiyawan A.Y. Pauweni, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Posing lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung, pada materi peluang. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMK Negeri 1 Gorontalo pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan rancangan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengukuran kemampuan pemecahan masalah matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk tes uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran Problem Posing lebih baik dari pembelajaran langsung, ini dapat dilihat pada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelas eksperimen X ...1 =72,03 dan kelas kontrol X ...2 =60,93 Hal ini juga dapat dibuktikan melalui test dengan taraf nyata 0,05 dan dk = 59 menunjukkan thitung > ttabel. Diperoleh thitung = 2,28 untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 1,67, thitung berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Posing terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci: Model Problem Posing, Kemampuan Pemecahan Masalah, Peluang
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011