ESSAY

Writer / NIM
SELVI OTOLUWA / 411412121
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Advisor 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstract
ABSTRAK Selvi Otoluwa. NIM. 411412121. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Materi Peluang Empirik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Bone. Skripsi. Program studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd (2) Khardiyawan A.Y Pauweni S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi Peluang Empirik di kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Bone menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan Guru, lembar observasi kegiatan siswa, dan berlangsung tes terhadap materi pada akhir pertemuan. Adapun yang menjadi tekhnik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam II Siklus, tindakan setiap siklus dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kegiatan guru dari siklus I ke siklus II adalah 79,16% menjadi 95,85%, dan aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II adalah 76,5% menjadi 93,75%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa siklus I ke ke siklus II adalah dari 65,33% yaitu dengan kriteria Kurang menjadi 88% dengan kriteria Sangat Baik. Hasil penelitian dari Siklus I dan Siklus II menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika pada materi Peluang Empirik dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). Kata Kunci : Hasil Belajar, Kooperatif Tipe STAD
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011