ESSAY

Writer / NIM
FAHREZAL ZUBEDI / 411412131
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Advisor 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstract
Fahrezal Zubedi. 2015. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa (Penelitian Eksperimen Pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd (II) Drs. Franky A. Oroh, M.Si. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang dibelajarkan dengan Model Discovery Learning dan siswa yang dibelajarkan dengan model Pembelajaran Langsung pada pelajaran matematika khususnya pada materi sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 153 siswa dan sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara tehnik simple random sampling. Diperoleh kelas VIII-A sebagai kelas yang dibelajarkan dengan model discovery learning dan VIII-B kelas yang dibelajarkan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essay terdiri dari 6 butir soal. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrument. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan menggunakan uji t dua sampel bebas (indepensen t-test). Dari hasil analisis data diperoleh kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Discovery Learning lebih tinggi dari pada model pembelajaran langsung. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning lebih unggul dalam mengajarkan materi sistem persamaan linier dua variabel. Kata kunci: Discovery Learning, Berpikir Kreatif matematis
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011