ESSAY

Writer / NIM
SARASWATI RADJAK / 411412139
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Advisor 2 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Abstract
Saraswati Radjak, 2019. "Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Materi Kesebangunan di Kelas IX-D SMP Negeri 7 Kota Gorontalo:. Skripsi . Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Dr. Abdul Djabar Mohidin M.Pd (2) Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi kesebangunan di kelas IX-d SMP Negeri 7 Kota Gorontalo. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX-d SMP Negeri 7 Kota Gorontalo, yang terdiri dari 12 orang laki-laki, 18 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari empat komponen, yaitu: perencanaan, pelaksanaantindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan atau observasi, dan pemberian tes pada setiap akhir siklus pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, didapatkan bahwa hasil analisis hasil belajar siswa mencapai 72.12% dan hasil analisis guru mencapai 71.15% , dan hasil analisis kegiatan siswa 73.33%. data tersebut belum mencapai indikator kinerja yang sudah ditetapkan yakni 80%, untuk itu penelitian dilanjutkan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus II, analisis hasil belajar siswa mencapai 82.12%, analisis kegiatan guru mencapai 94.23%, dan analisis kegiatan siswa mencapai 90%. Data yang didapatkan pada siklus II ini sudah mencapai indikator kinerja yang sudah di tetapkan yakni 80%. Hasil capaian ini diperoleh setelah melakukjan beberapa perbaikan dan peningkatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match yang dilakukan secara bertahap pada setiap siklus. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa : Model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi kesebangunan di kelas IX-D SMP Negeri 7 Kota Gorontalo tahun 2015/2016 dapat meningkat. Kata Kunci : Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Make A Match
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011