ESSAY

Writer / NIM
NURHAYATI RIZKI HASAN / 411412140
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Advisor 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstract
ABSTRAK Nurhayati Rizki Hasan. Nim 411 412 140. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis melalui Model Project Based Learning Pada Pokok Bahasan Ukuran Pemusatan Di Kelas XII AK 1 (Suatu Penelitian Yang Dilaksanakan Di SMK Negeri 4 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo. 2016. Pembimbing : (1)Drs. Sumarno Ismail, M.Pd (2)Dra. Lailany Yahya, M.Si Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis melalui model project based learning pada pokok bahasan ukuran pemusatan di SMK Negeri 4 Gorontalo. Hasil tes awal kemampuan komunikasi matematis dikelas XII Akuntansi 1 rata-rata untuk tiap indikator tergolong rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan siklus I, hasil observasi kegiatan guru mencapai 71.43%, observasi aktivitas siswa mencapai 68.52% sedangkan hasil tes kemampuan Komunikasi Matematis matematika siswa mencapai 13.33%. Pada siklus II hasil observasi kegiatan guru mencapai 98.30%, observasi aktivitas siswa mencapai 98.58% sedangkan hasil tes kemampuan Komunikasi Matematis matematika siswa mencapai 86.67%. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran telah berhasil karena siswa sudah mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Project Based Learning, Materi Median
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011