ESSAY

Writer / NIM
NURLAILA PIDU / 411412145
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Advisor 2 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Abstract
ABSTRAK Nurlaila Pidu. NIM. 411412145. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Di Kelas VIII4 SMP Negeri 2 Limboto". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Gorontalo. 2017. Pembimbing : (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd (2) Dr. Ali Kaku, M.Pd Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas VIII4 SMP Negeri 2 Limboto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa melalui model kooperatif tipe Teams Games Tournament pada mata pelajaran matematika di kelas VIII4 SMP Negeri 2 Limboto. Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa terhadap pelajaran matematika dengan menggunakan model tipe Teams Games Tournament (TGT). Dapat dilihat pada siklus dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi kegiatan siswa selama proses belajar mengajar dengan kriteria penilaian sangat baik (SB), baik (B), cukup (C) dan kurang (K) yaitu pertemuan 1: jumlah siswa 24 orang, laki-laki 9 orang dan perempuan 15 orang hasil lembar observasi kegiatan siswa dari 6 aspek yang mencapai criteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 33%, pada observasi kegiatan guru dari 32 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 69%, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 8 orang atau 34%. Pertemuan 2 : jumlah siswa 24 orang, laki-laki 9 orang dan perempuan 15 orang hasil lembar observasi kegiatan siswa dari 6 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 62%, pada observasi kegiatan guru dari 32 aspek yang mencapai criteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 91%, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 15 orang atau 63%. Pertemuan 3 : jumlah siswa 24 orang, laki-laki 9 orang dan perempuan 15 orang hasil lembar observasi kegiatan siswa dari 6 aspek yang mencapai criteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 87%, pada observasi kegiatan guru dari 32 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 97%, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 22 orang atau 92%. Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di Kelas VIII4 SMP Negeri 2 Limboto. Kata Kunci: Model Tipe Teams Games Tournament , Hasil belajar siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011