ESSAY

Writer / NIM
LILANTI H. ABUBA / 411412148
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Advisor 2 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Abstract
ABSTRAK Lilanti H. Abuba, NIM 411 412 148 " Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Square Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto Barat ". (Suatu Penelitian Eksperimen Kelas VIII Pada Sub Materi Garis Singgung Lingkaran). SKRIPSI. Gorontalo, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model think pair square dan siswa yang dibelajarkan dengan pengajaran langsung pada materi garis singgung lingkaran. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 2 Limboto Barat kelas VIII pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto Barat. Pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kemampuan komunikasi matematika yang dibuat sendiri oleh peneliti dalam bentuk tes essay. Instrument ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrument. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran model think pair square lebih tinggi dari pada pengajaran langsung pada materi garis singgung lingkaran.Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan bahwa terdapat pengaruh model think pair square terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Kata kunci : Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa, Model Think Pair Square, Pembelajaran Langsung
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011