ESSAY

Writer / NIM
RUKMANAWIJAYANTI POTABUGA / 411413001
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Advisor 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstract
ABSTRAK Rukmana W Potabuga, Nim.411413001. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Di SMP 1 Tapa SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2017. Pembimbing : (1). Dra. Lailany Yahya, M.Si (2). Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung, pada materi sub pokok bahasan kubus dan balok. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tapa pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 dengan rancangan Posttes Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Tapa dan sampel penelitian diambil 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Simpel Random Sampling. Pengukuran kemampuan pemecahan masalah matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validasi butir dan realibilitas instrumen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata - rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari rata - rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data ui t tes diperoleh nilai t_hitung Lebih tinggi dari nilai t_tabel ( thitung = 3,516 > ttabel = 1,684, dengan taraf kepercayaan alfa = 0,05 dan dk = 38). Kata Kunci : Kemampuan pemecahan masalah matematika, Model Pembelajaran Berbasis Masalah. ABSTRACK Rukmana W. Potabuga, Student Id. 411413001. The Influence of Problem - Based Learning Model towards Ability in Solving Essay Problem at SMP Negeri 1 Tapa. SKRIPSI. Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. 2017 Principal Supervisor is Dra. Lailany Yahya, M.Si and Co-supervisor is Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd. This research aims at investiganting whether or not problem solving ability of students treated by probem-based learning is higher than those treated by direct learning in Cube and Cuboid sub topic. This is an experimental research conducted on the 8th grade students at SMP Negeri 1 Tapa in even semester of 2016/2017 academic year. Research design is Posttest Only Control Design. Population is all grade 8th students at SMP Negeri 1 Tapa. Samples are students in 2 classes selected through Simple random sampling. The measurement of problem solving ability of students uses essay test. This instrument has fulfilled item validation and instrument reliability. Based on data analysis, it is found that average of problem solving ability of students treated by problem-based learning model is higher than those treated by direct learning model. This result is sshowed by value of tcount which is higher than ttable (tcount = 3,516 > ttable = 1,684 at significance level a of 0,05 and df=38. Keywords: problem Solving Ability of Mathematic, Problem - based Learning Model.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011