ESSAY

Writer / NIM
GITA FEBRIANITA ARMAN MOHI / 411413005
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Advisor 2 / NIDN
Dr. Drs. H. ISMAIL DJAKARIA, M.Si / 0024026403
Abstract
ABSTRAK Gita Febrianita Mohi. Nim. 411413005. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMA Negeri I Bonepantai Kelas XI-IPA Pada Sub Pokok Bahasan Ukuran Pemusatan. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2017. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Sarson W Dj. Pomalato, M.Pd (2) Dr. Drs. Ismail Djakaria, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adalah untuk mengetahui apakah dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-IPA SMA Negeri I Bonepantai tahun ajaran 2017-2018 yang berjumlah 69 siswa yang tersebar dalam 3 kelas. Sampel penelitian adalah kelas XI-IPA3 yang dibelajarkan dengan model Problem Based learning (PBL) dan kelas XI-IPA1 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung yang diambil secara Simple Random Sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Ini berarti bahwa model Problem Based Learning (PBL) lebih baik dalam membelajarkan pokok bahasan ukuran pemusatan dari pada model pembelajaran langsung. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Problem Based Learning (PBL) ABSTRACK Mohi, Gita Febrianita. 411413005. The Influence of Problem Based learning (PBL) Model on the Students' Problem Solving Ability of Grade XI-IPA at SMA Negeri I High School, Bonepantai in the Measures of Center Learning Material.Undergraduate Thesis. Department of Mathematics Education. Fakulty of Mathematics and Natural Sciences. Universitas Negeri Gorontalo, 20017. Principal Supervisor: Prof. Dr. Sarson W.Dj Pomalato, M.Pd. Co-Supervisor: Dr. Drs. Ismail Djakaria, M.Si This study aims to determine whether the Problem Based Learning (PBL) model can improve students' mathematical problem-solving abilities. The method of this research is an experimental method. The research design used in this research is Post Test Only Control Group Design. The population in this study is all students of grade XI-IPA in the academic year 2017-2018 which involved 69 students from in 3 classes. The sample of this research is XI-IPA3 class which is modeled with Problem Based Learning (PBL) and XI-IPA1 class which is taught by direct learning model taken by Simple Random Sampling. Instrument in this study employed students' mathematical problem-solving skills in the form of form of essays. The results showed that students' mathematical problem-solving ability that was learned by using Problem Based Learning (PBL) model was higher than students' mathematical problem-solving ability which was learned by using direct learning model. This means that the Problem Based Learning (PBL) model is better at learning the subject of measures of center than the direct learning model. Keywords: Ability of Mathematics Problem Solving, Problem Based Learning (PBL) Model.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011