ESSAY

Writer / NIM
ENDRIYANTO Y. TUNAI / 411413010
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Advisor 2 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Abstract
ABSTRAK Endriyanto Y. Tunai, NIM. 411413010. Pengembangan media pembelajaran tabel bilangan untuk konsep penjumlahan bilangan bulat pada siswa tunagrahita SLB Kabupatan Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo, 2017. Pembimbing : (1). Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd (2) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran tabel bilangan untuk konsep penjumlahan bilangan bulat serta mengetahui respon dan peran media terhadap pemahaman siswa tunagrahita. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan produk. Dari penelitian ini diperoleh produk berupa media pembelajaran matematika tabel bilangan untuk siswa tunagrahita. Model pengembangan yang digunakan adalah Model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian adalah siswa kelas 6 SDLB Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian menunjukan kualitas media berdasarkan hasil validasi oleh validator yaitu sangat valid. Kepraktisan media berdasarkan evaluasi media oleh guru adalah sangan praktis dengan persentase yaitu 100%. Peserta didik memberikan respon positif dengan persentase rata-rata 92,5% dan tes hasil belajar menunjukkan bahwa 100% siswa mencapai ketuntasan. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran tabel bilangan dapat digunakan dalam proses pembelajaran dan media pembelajaran memiliki peran dalam meningkatkan pemahaman siswa tunagrahita. Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Model ADDIE, Materi Bilagan Bulat, Siswa Tunagrahita.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011