ESSAY

Writer / NIM
SUSANTI USMAN / 411413056
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Advisor 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstract
ABSTRAK Susanti Usman, 411413056. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Aritmetika Sosial Pada Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Tapa. SKRIPSI. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2017. Pembimbing : (1) Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd, (2) Drs. Majid, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi apakah dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dapat mempengaruhi hasil belajar matematika pada materi aritmetika sosial. Metode penelitian ini adalah eksperimen yang dilakukan di kelas VII SMP Negeri 1 Tapa semester genap tahun ajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Tapa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-1 yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan kelas VII-2 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung yang diambil secara simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika berbentuk objektif (pilihan ganda). Data yang didapatkan kemudian di analisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi aritmetika sosial. Kata Kunci : Hasil belajar matematika, tipe think pair share.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011