ESSAY

Writer / NIM
NI NYOMAN MULIANI / 411413060
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Advisor 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstract
ABSTRAK Ni Nyoman Muliani, 2017, "Deskripsi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP Negeri 1 Telaga". Skripsi, Prodi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra. Lailany Yahya M.Si, Pembimbing II Ibu Dewi Rahmawaty Isa, S.Si., M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika di kelas VII SMP Negeri 1 Telaga. Populasi dan sampel penelitian ini adalah 30 siswa yang dipilih secara random. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika antara lain (1) Religius, (2) Jujur, (3) Disiplin, (4) Kerja Sama, (5) Toleransi, (6) Percaya Diri, (7) Santun, dan (8) Tanggung Jawab. Pengumpulan data yang terdiri dari angket untuk mengetahui penanaman nilai-nilai karakter dan wawancara untuk mendapatkan informasi mendalam tentang pendidikan karakter disekolah. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan dua tahap yakni tahap pertama ditinjau dari keseluruhan data yang diperoleh setiap siswa (responden) dan dianalisis secara persentase. Tahap kedua data dianalisis per indikator dari pendidikan karakter yang selanjutnya diolah secara persentase. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika dikelas VII SMP Negeri 1 Telaga ditinjau dari hasil seluruh indikator pendidikan karakter sebagian besar dikategorikan sangat baik atau ada 53% sangat baik dan 47% baik. Ini menunjukan, bahwa hampir setengahnya siswa telah mengimplementasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci : Matematika, Pendidikan Karakter, Nilai-nilai Pendidikan Karakter ABSTRACT Ni Nyoman Muliani, 2017, "Description of Character Building in Mathematics Learning at Grade VII in SMP Negeri 1 Telaga". Skripsi, Study Program of Mathematics Learning, Department of Mathematics Education Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Ibu Dra. Lailany Yahya M.Si, Co-supervisor is Ibu Dewi Rahmawaty Isa, S.Si., M.Pd. This is a descriptive research which aims at describing the character building in Mathematics learning at grade VII in SMP Negeri 1 Telaga. Population and samples of this research are 30 students selected randomly. Indicators that are used to describe character building in mathematics learning are (1) Religious, (2) Honesty, (3) Discipline, (4) Cooperation, (5) Tolerance, (6) Self-confidence, (7) manner and (8) Responsibility. Technique of data collection are questionnaire to investigate characters building in school and interview dig more information about character building in school. Technique of data analysis consists of two stages; first stage is by reviewing all data obtained from students (respondents) and then the data are analyzed in percentage, and the second is by analyzing data per indicator of character building which then processed in percentage. Based on findings reviewed by result of all indicators, it is found that almonds all indicators are categorized excellent for 53% and good for 47%. This reveals that there were almost half students who have implemented character values in mathematics learning. Keyword: Mathematics, Character Building, Character Values
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011