ESSAY

Writer / NIM
MUHAMMAD RIJAL MANOSSOH / 411413063
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Advisor 2 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Abstract
ABSTRAK Muhammad Rijal Manossoh. NIM. 411 413 063. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Sudut Pusat, Busur, dan Juring Lingkaran. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2017. Pembimbing : (1). Prof. Dr. H. Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd (2) Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd Penelitian ini bertujuan Untuk melihat apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada sub materi sudut pusat, busur, dan juring lingkaran dan Membandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan design pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga Biru tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 103 orang dan tersebar dalam empat kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik simple random sampling. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk essay/uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa skor rata-rata siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numberet Head Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan Model pembelajaran Langsung yakni masing-masing (X_1 ) ... = 73,58 dan (X_2 ) ... = 67,39. Berdasarkan analisis inferensial ANAKOVA, diperoleh Fhitung > Ftabel atau 15,694 > 4,05 maka H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa dengan menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran langsung. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Hasil Belajar, Sudut Pusat, Busur, dan Juring Lingkaran.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011