ESSAY

Writer / NIM
NIKMAWATI A. SUDE / 411413069
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Advisor 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstract
ABSTRAK Nikmawati A.Sude. 411413069. 2017. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Tunanetra Dalam Pembelajaran Matematika Pada Meteri Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Lailany Yahya,M.Si. dan Pembimbing II: Drs. Madjid, M.Pd. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa tunanetra pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa tunanetra kelas IV di SDLB Bone Bolango tahun ajaran 2016/2017. Siswa yang diamati berjumlah 2 orang, dimana terdiri atas 1 orang laki-laki dan 1 orang perempuan yang memiliki kemampuan dan karakter berbeda-beda. Masing-masing siswa tersebut diamati kesulitan mereka menerapkan empat objek matematika (fakta, konsep, operasi dan prosedur) dalam menyelesaikan persoalan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat yang diberikan oleh guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada masing-masing siswa mengalami tingkat kesulitan yang berbeda. Siswa yang pertama mangalami kesulitan sebesar 37,5% pada penerapan fakta dan prinsip, sedangkan pada penerapan konsep dan operasi masing-masing mengalami kesulitan sebesar 31,25%. Dan untuk siswa kedua mengalami kesulitan sebesar 43,75% pada penerapan fakta, penerapan pada konsep dan prinsip masing-masing mengalami kesulitan sebesar 50% sedangkan penerapan pada operasi mengalami kesulitan sebesar 31,25%. Berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan kesulitan belajar siswa tunanetra pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat masih dalam persentase rendah, ini berdasarkan dari kategori persentase yang dimodifikasi dari pengintervalan penilaian guru SDLB Bone Bolango. Kata Kunci: Empat Objek Matematika (Fakta, Konsep, Operasi Dan Prinsip), Kesulitan Belajar Matematika, Siswa Tunanetra ABSTRACT Nikmawati A.Sude. 411413069. 2017. Analysis of Blind Students' Learning Dificulty in Mathematics Learning in Addition and Substraction Subtraction Topic of Integers. Skripsi. Departement of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Science, States University of Gorontalo. Principal supervisor isa Dra. Lailany Yahya,M.Si. and Co-supervisor is Drs. Madjid, M.Pd. This descriptive research aims to investigate blind students' learning difficulty in mathematics learning inaddition and substraction topic of integers. This research was conducted to blind students in clas IV of SDLB Bone Bolango in academic year of 2016/2017. Subjects of the research were two students comprising 1 male and 1 female who have different ability and character. Then, their difficulty in applying four mathematics objects (fact, concept, operation and procedure) in solving question of both addition and subtraction of integers given by teacher is observed. Research finding reveals that each of student encounter different difficulty level. The first student encounter difficulty for 37,5% in the application of fact and principle while in the application of concept and operation encounter difficulty for 31,25% for each. Then, the second student encounter difficulty for 43,75% in the applicationof fact, 50% for both application of concept and principle while application of operation encounter difficulty for 31,25%. Based on the previous discussion, it can be concluded that bild students' difficulty in topic of addition and subtraction of integers is still in low percentage. This is based on percentage category modified from interval of SDLB Bone Bolango teacher assessment. Keywords: Four Objects of Mathematics (Fact, Concept, Operation and Principle), Mathematics Learning Difficulty, Blind Student
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011