ESSAY

Writer / NIM
ANGGRAINI SRI WULANDARI / 411413080
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Advisor 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstract
Sri Wulandari, Anggraini. NIM. 411413080. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Sub Pokok Bahasan Garis dan Sudut. Suatu penelitian di SMP Negeri 1 Talaga Jaya. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2017. Pembimbing : (1). Drs. Perry Zakaria, M.Pd, (2). Novianita Achmad, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi apakah dengan model Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dapat mempengaruhi hasil belajar matematika pada materi garis dan sudut. Metode penelitian ini adalah eksperimen yang dilakukan di kelas VII SMP Negeri 1 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Talaga Jaya. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-B yang dibelajarkan dengan model Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dan kelas VII-C dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung yang diambil secara Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika berbentuk objektif (pilihan ganda). Data yang didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi garis dan sudut. Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM).
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011