ESSAY

Writer / NIM
YULAN AMANA / 411413081
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Advisor 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode Student Facilitator And Explaining dan metode ekspositori, pada materi garis dan sudut. Metode penelitian ini adalah eksperimen yang dilakukan di kelas VII semester genap tahun ajaran 2016/2017. Rancangan penelitian adalah Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Buntulia. Sampel penelitian kelas VII-A yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran Student Facilitator And Explaining dan kelas VII-B yang belajarkan dengan metode pembelajaran ekspositori. Teknik pengambilan sampel adalah secara acak yaitu Simple Random Sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes hasil belajar matematika berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika dari siswa yang dibelajarkan dengan metode Student Facilitator And Explaining lebih tinggi dari metode ekspositori pada materi garis dan sudut. Ini berarti bahwa metode Student Facilitator And Explaining lebih unggul dalam membelajarkan materi garis dan sudut daripada metode ekspositori.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011