ESSAY

Writer / NIM
SRI YOLANDA MACHIEU / 411413086
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Advisor 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstract
ABSTRAK Sri Yolanda Machieu. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo pada Sub Materi Segi Empat. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2017. Pembimbing: (1) Novianita Achmad, M.Si (2) Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe example non example lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo semester genap tahun ajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan adalah Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling yang menghasilkan kelas VII-6 sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe example non example dan kelas VII-7 sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika yaitu tes objektif yang berbentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis data deskriptif digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Sedangkan analisis inferensial digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe example non example lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung pada materi segi empat. â ABSTRACT Sri Yolanda Machieu. The Influence of Using Cooperative Learning Model Example Non Example towards Students' Mathematics Learning Achievement at Grade VII of SMP Negeri 4 Gorontalo City in Rectangular Materials. Skripsi. Departement of Mathematics, Faculty of Mathematic and Natural Science. State University of Gorontalo. Principal supervisor is Novianita Achmad, M.Si and Co-supervisor is Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd. Keywords: Students' Mathematics Learning Achievement, Cooperative Learning Model Example Non Example Aims of research is to find out wheter or not students' mathematics learning achievement which apply cooperative learning model Example Non Example higher than direct learning model. Research was conducted at Grade VII SMP Negeri 4 Gorontalo City in even semester of 2016/2017. It applies post test only control group design. Population of research are all students at Grade VII of SMP Negeri 4 Gorontalo City. Sampling was conducted by simple random sampling technique with result is grade VII-6 as experimental class which is taught by cooperative learning model Example Non Example, and Grade VII-7 as control class applied by direct learning model. Data were collected by test as instrument mathematic learning achievement in objective form of multiple choice. Analysis data by descriptive and inferential. Descriptive analysis use to analyze data by describing or explaining data which has been collected. While inferential analysis is to analyze sample and result of data. Hypothesis test used t test. Finding reveals that students' mathematics learning achievement which apply cooperative learning model Example Non Example was higher than direct learning model in rectangular materials.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011