ESSAY

Writer / NIM
LILY SETIAWATY AR. PANU / 411413087
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Advisor 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstract
ABSTRAK Lily Setiawaty Ar. Panu, NIM. 411413087. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Persamaan Kuadrat Di Kelas VIII SMP Negeri 4 Gorontalo. SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo, 2017. Pembimbing : (1). Drs. Majid, M.Pd (2). Novianita Achmad, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan hasil belajar matematika yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Langsung pada materi Persamaan Kuadrat. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gorontalo tahun ajaran 2016-2017 yang berjumlah 190 siswa yang tersebar dalam 7 kelas. Sampel penelitian adalah kelas VIII-6 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan kelas VIII-5 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Langsung yang diambil secara Simple Random Sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes hasil belajar matematika berbentuk objektif (pilihan ganda). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Langsung. Ini berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dalam membelajarkan materi Persamaan Kuadrat dari pada model pembelajaran Langsung. Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Persamaan Kuadrat.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011