ESSAY

Writer / NIM
ISNAWATI KISMAN ABDUL / 411413088
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Advisor 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstract
ABSTRAK Isnawati Kisman Abdul. Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment (Pencapaian Konsep) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi pokok segiempat. (Studi Penelitian di Kelas VII SMP Negeri 1 Tapa). Skripsi, Program Studi Pendidikan Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I : Novianita Achmad, M.Si, Pembimbing II: Nursiya Bito, S,Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Concept Attainment lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung, pada pokok bahasan segiempat. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tapa Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak. Kemudian, dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil random, kelas VII 6 terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran concept Attainment sedangkan kelas VII 7 sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar. Data yang didapatkan kemudian di analisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui data hasil belajar yang dianalisis melalui tabel dengan mempresentasekan rata-rata. Sedangkan analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Concept Attainment lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung pada pokok bahasan segiempat Kata Kunci: Hasil belajar matematika siswa, Model Concept Attainment, Segiempat
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011