ESSAY

Writer / NIM
FATMA A. PANDJA / 411413092
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Advisor 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstract
ABSTRAK Fatma A. Pandja, NIM. 411413092. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Sub Pokok Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga". SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2017. Pembimbing : (1). Dr. Tedy Machmud, M.Pd (2). Khardiyawan A. Y. Pauweni, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang di belajarkan dengan Model Pembelajaran Langsung pada materi Lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga tahun ajaran 2016-2017 yang berjumlah 110 siswa dan tersebar dalam 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakann instrument tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrument. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa skor rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Langsung. Berdasarkan analisis inferensial ANAKOVA diperoleh model regresi untuk kelas eksperimen = 34,17 + 1,29X dan kelas control = 23,14 + 1,29X, maka koefisien regresi untuk kedua kelas bernilai positif,dan berdasarkan hasil uji homogenitas gradien regresi diperoleh kedua kelas homogen (memiliki gradient yang sama). Pengujian hipotesis diperoleh Fhitung > Ftabel atau 14,04 > 4,16 maka H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Model Pembelajaran Langsung setelah mengontrol pretest. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Lingkaran, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011